social media logo facebook icon icons.com 59059     social media logo twitter icon icons.com 59061     social media logo instagram icon icons.com 59062     social media logo google icon icons.com 59074     social media logo utube icon icons.com 59063

RSSocial!

Asal Mula adanya "Hari Pohon Sedunia", 21 November.

hari pohon

Sejarah Hari Pohon Sedunia.

Dari sejarahnya, peringatan Hari Pohon Sedunia dirayakan untuk menghormati jasa aktivis lingkungan bernama Julius Sterling Morton (1805-2005) dari AS.
J.S. Morton ini begitu gigih mengampanyekan gerakan menanam pohon dan konservasi alam. Usulan terkait perayaan untuk menyadarkan masyarakat terhadap pentingnya pohon ini disampaikan di Rapat Dewan Nebraska, AS pada 1872.
Pada tahun itu juga, usulannya disetujui. Program penanaman sejuta pohon dilakukan di Nebraska, AS.
Kampanye Hari Pohon Sedunia ini kemudian dibawa oleh utusan-utusan AS ke berbagai benua.

Peringatan ini menjadi perayaan populer di Australia, Kanada, Eropa, hingga Asia. Di era perubahan iklim dan pengrusakan lingkungan seperti sekarang, urgensi Hari Pohon Sedunia kian diperhatikan. Bagaimanapun juga, pohon berfungsi sebagai penyerap gas CO2 (karbondioksida) dan penghasil O2 (oksigen). Selain itu, pohon juga bekerja sebagai penampung air dalam jumlah besar, sebagaimana dilansir Kominfo. Melestarikan lingkungan dan meningkatkan penanaman pohon akan melahirkan keseimbangan ekologis, mengurangi dampak pemanasan global, mencegah banjir, longsor, dan menghasilkan iklim mikro lingkungan yang harmonis.

Pemerintah Indonesia mulai mengadopsi perayaan ini sejak 2012. Hal itu dimulai dengan program Gerakan Satu Miliar Pohon, sebagaimana dilansir National Geographic.
Selain itu, peringatan Hari Pohon Sedunia juga lazim diselenggarakan di lingkungan pendidikan, mengarahkan para pelajar untuk menanam pohon. Ada juga seminar konservasi lingkungan, hingga kritik kepada pemerintah untuk lebih peduli dengan lingkungan di Indonesia.

Penulis : Admin
(Dikutip dari beragam sumber)


#KumhamsemakinPASTI

#SIRUPUT
#Berkesan

 

 

 
 
 
 

Rupbasan Klas I Jakarta utara merupakan Unit Pelaksana Teknis di bidang Penyimpanan dan Pemeliharaan Barang Sitaan Negara dan Barang Rampasan Negara di jajaran Kementerian Hukum dan HAM RI. Menempati areal seluas 1.500 m2 ( terdiri dari 896 m2 untuk bangunan, dan sisanya untuk sarana lingkungan ) Rupbasan Klas I Jakarta utara terletak di Jalan Sungai Landak No.7 Cilincing Jakarta Utara dengan nomor telepon ( 021) 44836136

email :rupbasanjakut.dki@gmail.com

 

Sampaikan kritik dan saran yang membangun kepada kami agar dapat memberikan pelayanan yang jauh lebih baik lagi

(*)
Masukan nama lengkap anda

(*)
Email yang anda masukan salah.

(*)
Ketik pesan, masukan dan kritik anda.

Hari iniHari ini1
KemarinKemarin1
MingguanMingguan2
BulananBulanan21
Rupbasan Klas I Jakarta Utara,
Copyright © 2022 Pusdatin - Kemenkumham RI