PELATIHAN DAN SIMULASI PEMADAM KEBAKARAN OLEH SUDIN PEMADAM KEBAKARAN JAKARTA UTARA

Cetak

 

WhatsApp Image 2022 05 27 at 15.55.04

Bencana kebakaran, merupakan salah satu risiko yang meskipun frekuensi terjadinya jarang, namun bisa mengakibatkan dampak yang sangat besar, sehingga diperlukan langkah-langkah mitigasi secara continue. Salah satu langkah mitigasi yang telah dilakukan oleh Rupbasan Kelas I Jakarta Utara adalah dengan melakukan pelatihan penanganan bencana dan kebakaran sekaligus  simulasi penggunaan APAR (Alat Pemadam Api Ringan) kepada seluruh pegawai. Hari ini Jumat (27/05) Rupbasan Kelas I Jakarta Utara menggelar kegiatan pelatihan penanganan bencana dan kebakaran bekerja sama dengan Suku Dinas Pemadam Kebakaran Jakarta Utara. Bentuk pelatihan berupa teori dan praktek lapangan. Kegiatan diawali dengan sambutan oleh Kepala Rupbasan, Suprayitno sekaligus membuka acara pelatihan tersebut. Suprayitno menyampaikan bahwa pelatihan ini sebagai peningkatan kompetensi pegawai dalam menghadapi bencana khususnya kebakaran. Harapan beliau semoga dengan adanya pelatihan ini kita semua dapat mengetahui teori dan praktek dasar ketika menghadapi sebuah bencana kebakaran.

WhatsApp Image 2022 05 27 at 15.55.041
Nur Pambudi, narasumber dari Suku Dinas Pemadam Kebakaran menjelaskan teori dasar penanggulangan bahaya kebakaran, bagaimana cara menanggulangi terjadinya kebakaran, bagaimana penyelamatan diri kita saat terjadi kebakaran, bagaimana cara mengindentifikasi potensi terjadinya kebakaran. Semua teori dasar dijelaskan oleh beliau dengan gamblang. Kegiatan dilanjutkan dengan praktek lapangan yaitu diberikan pelatihan cara menanggulangi kebocoran Gas LPG, pengetahuan tentang bagaimana  jenis dan kegunaan masing-masing APAR, cara menggunakan APAR, penyimpanan dan standar penempatan APAR, termasuk bahan yang digunakan sebagai pemadam api dalam APAR, misal air, foam/busa, powder/bubuk, CO2, atau zat kimia yang mempunyai sifat memadamkan api.

WhatsApp Image 2022 05 27 at 15.55.05
Antusias dari masing-masing pegawai terlihat ketika mereka mulai memberanikan diri untuk mempraktekkan langsung cara pemadaman api ketika terjadi kebakaran. #kumhamPASTI
#berAKHLAK
#kanwilkumhamdki
#rbkumwas
#rupbasanjakartautara